kredit bni 2020 program PEN

Dukung Program PEN, BNI Dan BRI Agro Siap Salurkan Kredit Pada Pelaku UMKM Terdampak Covid-19

Dukung program PEN, BNI dan BRI siap salurkan kredit bagi UMKM terdampak Covid-19 salah satunya lewat KUR 2020 dan subsidi suku bunga.

Dalam upaya mengimplementasikan PP RI Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penjaminan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. BRI Agro bekerjasama dengan PT Jamkrindo dan PT Askrido.

Dalam keterangan resminya Selasa 7 Juli 2020, Direktur Bisnis BRI Agro Sigit Murtiyoso mengatakan bahwa. Pihaknya menyambut baik kebijakan Pemerintah dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah situasi dan kondisi saat ini.

Dalam kerjasama tersebut, Jamkrido dan Askrido memberikan penjaminan kepada BRI Agro. Atas risiko pengembalian pinjaman Program PEN yang diberikan kepada para debitur UMKM.

program Pemulihan Ekonomi Nasional terdampak covid-19 2020
Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terdampak covid-19 2020

Baca juga: 5 Bank yang Tawarkan KTA Tanpa Kartu Kredit Tahun 2020

Adapun kriteria calon debitur terjamin diantaranya memiliki usaha yang terkena dampak Covid-19; merupakan pelaku UMKM; serta memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

“Dilansir dari halaman kontan.co.id, Dengan adanya pemberian jaminan ini, Sigit berharap dapat memberikan stimulus kepada penyalur kredit kepada UMKM. Karena lanjut sigit, kondisi seperti sekarang ini semua sektor ekonomi terdampak akan pandemi ini. Terutama untuk UMKM yang kami biayai menggunakan skema Pinjaman Program PEN. Hal ini akan menjadi harapan baru bagi pelaku usaha dan kami dari sisi perbankan, tambah sigit”.

Disisi lain BNI berbekal dana penempatan Pemerintah yang diterima sebesar Rp 5 triliun. Berkomitmen untuk dapat me-leverage dana tersebut sebanyak 3 kali dan menyalurkannya dalam bentuk kredit sebesar Rp 15 triliun.

Lebih lanjut BNI bakal menyalurkan kredit yang dimaksud kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Utamanya pada sektor padat karya.

Dengan diprioritaskannya penyaluran kredit bagi UMKM diharapkan mampu memberikan multiplier effect terhadap perekonomian secara nasional.

Kredit UMKM BNI rencananya bakal disalurkan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR BNI 2020) dengan harapan dapat menjangkau nasabah lebih luas lagi.

Tidak berbeda dari masa sebelum pandemi, BNI bakal prioritaskan penyaluran kredit 2020 kepada sektor-sektor produktif seperti pertanian, industri, jasa, dan perdagangan.

Untuk diketahui, BNI juga memberikan subsidi suku bunga dari pemerintah kepada debitur terdampak Covid-19. Berdasar PMK 65/2020 diperkirakan debitur BNI yang bakal memperoleh subsidi bunga bisa mencapai 25 ribu lebih.

Leave a Comment